Kuliah Umum PKL #2

“Ngobrol Asik: Peluang dan Tantangan Generasi Muda di Era Pandemi”

Masa pandemi covid-19 ini bukan menjadi penghalang untuk melakukan Kuliah Umum untuk memenuhi mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL). Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ada di Program Studi Bahasa Mandarin, mata kuliah ini ditempuh ketika menduduki semester VII. PKL merupakan implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja dalam instansi manapun. Mengingat pentingnya manfaat peranan PKL dimasa kini sebagai bentuk pelatihan diri menyambut dunia kerja setelah lulus nanti, Program Studi Bahasa Mandarin FIB USU mengadakan kuliah umum yang dilaksanakan pada hari Rabu, 17 November 2021 dengan mengundang narasumber yang merupakan dosen sekaligus seniman Ibu Dessyratna Putry, S.Sn., M.Hum.

Acara ini merupakan Kuliah Umum PKL yang pertama diselenggarakan secara daring dengan mengusung tema “Ngobrol Asik: Peluang dan Tantangan Generasi Muda di Era Pandemi”, melalui kuliah umum ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk menambah informasi sekaligus termotivasi untuk menjadi generasi yang handal dalam memanfaatkan suatu keadaan menggunakan teknologi. Narasumber menjelaskan Peluang dan Tantangan generasi muda pada masa pandemi covid-19 ini. Narasumber menyampaikan bahwa ada banyak sekali peluang bagi generasi muda yang terlebih lagi telah memahami teknologi untuk melakukan kreativitas dan memanfaatkannya untuk mendapatkan pekerjaan maupun membuka peluang usaha secara online misalnya jasa desain grafis, redaksi buku, jasa mengajar online, make up tutorial, dan lain-lain.

Diharapkan melalui kuliah umum secara daring ini dapat menjadi sarana untuk menjalin hubungan silaturahmi, membangun jejaring,  dan menambah informasi relasi pekerjaan. Walau pandemi melanda harus tetap semangat, tetap menimba ilmu dan semoga sehat selalu untuk kita semua.

Jaya selalu Program Studi Bahasa Mandarin FIB USU dan menjadi institusi pusat studi sastra, bahasa, dan budaya Tiongkok yang unggul dan terkemuka di Indonesia.