Mahasiswa PSBM USU Mengadakan Kuliah Lapangan ke Balai Arkeologi Sumatera Utara

Penyerahan plakat oleh dosen dan mahasiswa PSBM USU kepada Bpk. Dr. Ketut Wiradnyana, M.Si.

Mahasiswa PSBM USU melakukan kunjungan ke Balai Arkeologi Sumatera Utara (Balar Sumut) dalam rangka kegiatan Kuliah Lapangan pada mata kuliah Sosiobudaya Tionghoa. Kunjungan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Desember 2021 sekitar pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini merupakan kuliah lapangan non KKN pertama kali yang diadakan PBSM USU pada masa pandemi secara tatap muka. Seluruh mahasiswa, dosen, serta staff dan karyawan Balai Arkeologi Sumatera Utara yang terlibat, sebelumnya sudah melalui proses protokol kesehatan Covid-19. Adapun kunjungan ini sendiri diikuti oleh 17 mahasiswa dari stambuk 2019.

Kata sambutan oleh Bpk. Rudiansyah, S.S., M.Hum. dan Ibu Churmatin Nasoichah, S.Hum., M.Hum.

Kunjungan ini diawali dengan sambutan dari Bpk. Rudiansyah, S.S., M.Hum., selaku dosen pengampu mata kuliah Sosiobudaya Tionghoa. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah baik untuk membuka hubungan antara PSBM USU dengan Balai Arkeologi Sumatera Utara. Lalu sambutan dilanjutkan oleh Ibu Churmatin Nasoichah, S.Hum., M.Hum, selaku perwakilan dan peneliti Balai Arkeologi Sumatera Utara. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi kedatangan mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari bidang arkeologi meskipun berasal dari latar belakang linguistik.

Pemaparan materi mengenai ilmu arkeologi dan metode ekskavasi

Acara selanjutnya yaitu pemaparan materi mengenai pengenalan ilmu arkeologi dan metode ekskavasi yang dibawakan langsung oleh Ibu Churmatin. Tidak lupa juga dibahas mengenai peninggalan arkeologi masyarakat Tionghoa yang ditemukan oleh tim Balai Arkeologi Sumatera Utara. Hal ini tentunya sangat sesuai dengan topik kuliah lapangan kali ini yang berjudul "Penelusuran Rekam Jejak Masyarakat Tionghoa Melalui Tinggalan Arkeologi". Kemudian, acara dilanjutkan dengan diskusi yang sangat menarik yang melibatkan berbagai pertanyaan, analisis kasus, dan sharing pengalaman yang disampaikan oleh mahasiswa sehingga berhasil menghidupkan suasana diskusi yang kondusif.

Sesi diskusi yang dilakukan antara mahasiswa PSBM USU dengan Balar Sumut

Setelah lama berdiskusi, selanjutnya mahasiswa diajak untuk berkeliling melihat koleksi temuan yang dimiliki oleh Balai Arkeologi Sumatera Utara. Koleksi yang dimiliki tersebut terdiri atas temuan asli dan replika yang ditemukan tersebar di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau. Temuan tersebut antara lain adalah keramik, botol kaca, koin logam, replika tulang belulang manusia, serta kendi dan figurin dari tanah liat.

Perahu yang ditemukan oleh pihak Balar Sumut

Rangkaian acara akhirnya diakhiri sekitar pukul 12.00 WIB. Kegiatan ditutup dengan penyerahan plakat oleh dosen dan mahasiswa PSBM USU kepada Balai Arkeologi Sumatera Utara. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan pandangan baru kepada mahasiswa dalam menentukan fokus studi atau bidang keahlian dalam berkarir.