Sosialisasi Database E-Jurnal CNKI oleh Program Studi Bahasa Mandarin FIB USU

Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan yang baik. Salah satu hal yang dilakukan oleh Program Studi Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara adalah dengan melakukan sosialisasi database e-jurnal CNKI kepada mahasiswa pada tanggal 22 Juni 2022. Hal ini dilakukan dengan tujuan kelak mahasiswa dapat memahami tata cara dan penggunaan fasilitas e-jurnal yang telah disediakan oleh universitas, terutama penggunaan e-jurnal CNKI.

Secara garis besar, kegiatan ini terbagi ke dalam dua bagian. Adapun bagian pertama menjelaskan mengenai berbagai fitur yang tersedia serta cara pemakaian e-jurnal CNKI oleh Ny. Karly sebagai utusan CNKI. Sementara bagian kedua menjelaskan mengenai cara mengakses e-jurnal berlangganan yang dimiliki USU oleh Bpk. Salim sebagai perwakilan dari Perpustakaan USU.

Setelah kedua bagian tersebut selesai dijelaskan, kemudian mahasiswa diminta untuk mencoba langsung untuk mengakses dan memakai fasilitas tersebut sesuai arahan yang telah diberikan sebelumnya. Meskipun sempat mengalami kebingungan di percobaan awal, namun instruksi tetap terus diberikan sehingga mahasiswa berhasil memahami cara untuk mengakses dan memakai e-jurnal tersebut. Selain itu, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya sebanyak-banyaknya agar tidak lagi mengalami kendala ataupun kebingungan dalam mengakses dan memakai fasilitas e-jurnal tersebut.

Dengan diadakannya sosialisasi ini, maka diharapkan seluruh mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas e-jurnal yang tersedia dengan maksimal sehingga akan mendukung dan meningkatkan kualitas serta kemampuan mahasiswa dalam belajar.