Workshop Penyusunan Naskah Pidato Bahasa Mandarin

Program Studi Bahasa Mandarin Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara kembali mengadakan workshop pada hari Jumat, 29 Juli 2022 di Gedung T. Amir Ridwan (Serbaguna) FIB USU. Workshop "Penyusunan Naskah Pidato Bahasa Mandarin" ini menghadirkan Lisa Zhang, seorang public speaking coach, sebagai narasumber pada acara tersebut. Penyelenggaraan workshop ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan secara luring dan dihadiri langsung oleh para hadirin setelah acara-acara serupa sempat diadakan secara daring karena kasus covid-19 yang kembali melonjak naik.

Pembukaan acara dimulai pada pukul 08.30 WIB oleh moderator yang juga dosen prodi Bahasa Mandarin FIB USU yakni Jessy, S.S., MTCSOL. Lalu, acara berikutnya adalah menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya, oleh seluruh hadirin pada acara tersebut. Selanjutnya terdapat pembacaan doa yang dibawakan oleh Sekprodi Bahasa Mandarin FIB USU, yakni Dr. T. Kasa Rullah Adha, S.S., MTCSOL. Acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Kaprodi Bahasa Mandarin FIB USU, yakni Niza Ayuningtias, S.S., MTCSOL, dan disusul oleh Wakil Dekan III FIB USU, yakni Mhd. Pujiono, M.Hum., PhD. Dalam sambutan tersebut dijelaskan bahwa workshop ini diadakan untuk memotivasi dan membekali mahasiswa agar dapat lebih aktif dan mengikuti banyak kompetisi. Setelah penyampaian kata sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian plakat kepada narasumber serta sesi foto bersama.

Memasuki acara inti, yakni penyampaian materi oleh narasumber, Lisa Zhang menyampaikan bahwa salah satu hal terpenting dalam melakukan orasi atau berpidato adalah kemampuan public speaking. Kemampuan ini dapat dipelajari oleh setiap orang bahkan oleh seseorang yang terbata-bata saat berbicara. Sembari memaparkan materi, Lisa juga mempraktikannya secara langsung sehingga memudahkan peserta workshop memahami teknik-teknik public speaking tersebut. Kemudian peserta juga diminta untuk membuat naskah pidato untuk dipraktikan pada saat akhir acara.

Banyaknya interaksi yang terjadi antara narasumber dengan peserta membuat workshop kali ini jauh dari kesan monoton. Selain itu, pemaparan teknik public speaking yang dipraktikan langsung oleh seluruh peserta menjadikan acara ini bersifat atraktif. Terdapat juga coffee break sehingga peserta dapat beristirahat sejenak menikmati hidangan yang disuguhkan sembari menyusun kerangka pidato masing-masing. Setelah berlangsung selama tiga jam lebih, akhirnya acara berakhir dengan sukses pada pukul 12.00 WIB.