Pelepasan 9 Mahasiswa Outbound PSBM USU pada Program MBKM PMM Batch 2 dan IISMA 2022

Sembilan mahasiswa Universitas Sumatera Utara dari program studi Bahasa Mandarin berhasil lolos pada seleksi program MBKM Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 2 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi beberapa waktu lalu. Hal ini sesuai dengan pengumuman kelulusan yang di keluarkan oleh panitia IISMA pada Minggu (14/05) dan pengunguman kelulusan PMM pada Kamis (07/07).

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) salah satu program unggul yang bertujuan untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan kompetensi dan pengetahuan, serta memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri. Sedangkan, Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan program unggul yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menggunakan hak belajarnya di luar program studi (prodi) dan di luar perguruan tinggi asal.

Salah satu mahasiswa PSBM yang lolos program IISMA adalah Winnie Wisely, mahasiswi stambuk 2020, ia di terima di National Taiwan University, Taiwan. Ia menjelaskan bahwa terdapat beberapa tahap seleksi pendaftaran yang lebih selektif dan kompetitif dari IISMA tahun lalu yang harus di lewati. Tahap pertama pendaftaran IISMA yaitu, pemberkasan, essay, dan EPT ((English Proficiency Test; Duolingo, IELTS atau TOEFL). Di tahap kedua ada interview, ujian kebhinekaan, dan ada banyak tahap pemberkasan juga.

“Harapan untuk yang mau mencoba IISMA tahun depan yaitu prepare yourself. Peminat IISMA setiap tahunnya akan terus meningkat, harus bisa percaya diri diiringi dengan persiapan yang matang. Ingat: If you never try, you'll never know how far you can go. Jangan ada penyesalan karena tidak mencoba dan jangan pernah merasa kerja keras itu sia-sia. Kalau ada kesempatan untuk ikut seleksi IISMA dan program MBKM lainnya, coba saja dulu dan lakukan yang terbaik. Kalau berhasil, bersyukur, tetap rendah hati, dan jalani programnya dengan tanggung jawab. Kalau gagal, jangan patah semangat, belajar dari kesalahan, dan coba lagi.” tambahnya.

Terdapat delapan mahasiswa PSBM yang lolos Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) diantaranya adalah Angela Rehita Noventiara, mahasiswi stambuk 2020, ia lolos di Universitas Padjadjaran, Jawa Barat. Ia menjelaskan alasan ketertarikannya dalam mengikuti program PMM ini, karena sosialisasi pertukaran merdeka ini yang dapat memberikan kesempatan berkuliah satu semester di salah satu Universitas dari seluruh indonesia, yang memiliki keberagaman budaya, suku, dll, serta menawarkan kesempatan berharga dan pengalaman langka baginya. Ia juga membagikan tips and trick menjawab survei kebhinekaan yang merupakan salah satu ujian yang harus di lewati. Menjawab survei kebhinekaan haruslah di jawab dengan sungguh-sungguh, jujur, dan apa adanya, serta setiap soalnya dibaca dengan cermat dan teliti.

Berikut ini nama-nama mahasiswa yang lolos program IISMA dan PMM:

  1. Nama : Winnie Wisely

Lolos IISMA : National Taiwan University

  1. Nama: Nazila Humaira

Lolos PMM : Universitas Negeri Malang

  1. Nama : Andre Sando Nahampun

Lolos PMM: Universitas Airlangga

  1. Nama: Shepia Ulya

Lolos PMM: Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

  1. Nama : Patricia Ashley Tarigan

Lolos PMM: Universitas Negeri Malang

  1. Nama: Angela Rehita Noventiara

Lolos PMM: Universitas Padjajaran

  1. Nama: Hafizah Syafitri

Lolos PMM: Universitas Padjajaran

  1. Nama: Amanda Amelia

Lolos PMM : Telkom University

  1. Nama : Nassya Nur Putri

Lolos PMM : Universitas Al-Azhar Indonesia